Perkenalan, profil dosen, silabus mata kuliah, sistem perkuliahan, dll.
Pendahuluan
07:00
Tugas
Pertemuan 2: Konsepsi Keberbakatan
Materi pada pertemuan ini berdasarkan pada artikel berjudul: “Conceptions of Giftedness” yang ditulis oleh Scott Barry Kaufman dari Yale University dan Robert J. Sternberg dari Tufts University,
intro
03:00
Konsepsi Keberbakatan (pdf)
Evaluasi
Tugas
Pertemuan 3: Jenius dan Berbakat: Sama atau Berbeda?
materi pada pertemuan ini berdasarkan pada artikel berjudul "Genius and Giftedness: Same or Different?" yang ditulis oleh Dean Keith Simonton. Artikel ini telah disampaikan pada Konferensi Dunia 1997 Dewan Dunia untuk Anak Berbakat dan Talenta yang diadakan di Seattle, Washington
Materi (PDF)
Tugas
Pertemuan 4: Gender dan Bakat
materi pada pertemuan ini berdasarkan pada artikel berjudul "Gender and Giftedness" yang ditulis oleh Sally M. Reis dan Thomas P. Hébert. Artikel ini merupakan salah satu bab dalam buku berjudul "Handbook of Giftedness in Children"
Materi (PDF)
Tugas
Pertemuan 5: Bakat dan Kecerdasan Emosional
Materi (PDF)
Pertemuan 6: Keahlian dan Perbedaan Individu
Materi (PDF)
Pertemuan 7: Peran Keluarga dalam Pengembangan Bakat
Materi (PDF)
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)
Ujian Tengah Semester (UTS)
Pertemuan 9: Pendidikan Anak Berbakat di Usia Dini
Materi (PDF)
Pertemuan 10: Motivasi dan siswa berbakat – implikasi teori dan penelitian
Materi (PDF)
Pertemuan 11: Memotivasi siswa berbakat yang tidak berprestasi
Materi (PDF)
Pertemuan 12: Pedagogi untuk pendidikan anak usia dini berbakat
Materi (PDF)
Pertemuan 13: Peran Teknologi pada pendidikan anak berbakat
Materi (PDF)
Pertemuan 14: Pendidikan anak berbakat di usia dini (berdasarkan survey, praktik pengajaran, administrasi)
Materi (PDF)
Pertemuan 15: Merancang pembelajaran untuk anak berbakat di PAUD dan Sekolah Dasar